Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 115/VI Bangko VIII Kabupaten Merangin

  • Rizky Putra Pratama Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran tematik terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran tematik. Penyebanya adalah  penggunaan model pembelajaran, dan pemahaman peserta didik  terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model DiscoveryLearning  di kelas 4 SDN 115/VI Bangko VIII Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I  terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 115 Bangko dengan jumlah 31 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,5% (baik), dan siklus II 91,6% (Sangat Baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,4 (sangat baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,2% (baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 73,1 dan siklus II dengan rata-rata 86.

Published
2022-06-30