Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SD Negeri 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay di kelas IV SD Negeri 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan 22 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan skor 86,36% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (sangat baik), b) Aktivitas guru siklus I dengan skor 84,08% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik siklus I dengan skor 82,95% (cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 77,16 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,14 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.