Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di sekolah dasar ialah kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga mengakibatkan peserta didik kurang terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakann guru ialah media konvensional berupa buku paket dan alat peraga yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan Powtoon yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dari tiga validator yaitu aspek materi dengan presentase 95%, aspek Bahasa dengan presentase 90%, dan aspek media dengan presentase 94% sehingga memperoleh nilai rata- rata 93% dengan kategori valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan presentase 93% dan angket respon siswa dengan presentase 97,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.