Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horray (CRH) di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horray (CRH) di kelas V SDN SDN 39 Talang Kabupaten Solok.. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil dari observasi dan tes. Adapun subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 30 orang yakni 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penilaian RPP siklus I adalah 76,39% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 97,22% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (2) Penilaian aspek guru siklus I adalah 78,94% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 96,05% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (3) Penilaian aspek peserta didik siklus I adalah 76,31% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 94,73% dengan kualifikasi sangat baik (SB), (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 70,07%, siklus II meningkat menjadi 86,85%. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe course review horray dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.