Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran di kelas. Media pembelajaran kurang bervariasi dan tidak berbasis teknologi sehingga proses pembelajaran cenderung berpusat kepada guru dan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas karton lalu dipajang di ruangan kelas. Sehingga ketertarikan peserta didik pada tampilan media pembelajaran tersebut kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi pengukuran sudut di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 96,6% pada aspek materi, 90,6% pada aspek bahasa dan 92,5% pada aspek desain media dengan kategori valid. Hasil dari angket respon guru memperoleh kepraktisan dengan persentase 100%. Sedangkan hasil dari angket respon peserta didik memperoleh kepraktisan dengan persentase 96%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi pengukuran sudut di kelas IV sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.