Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Pada Pembelajaran Tematik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desin quasy eksperimental dengan bentuk yang digunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data awal menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data akhir yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu dari analisis nilai rata-rata kelas eksperimen 83,8 dengan standar deviasi 9,12 sedangkan kelas kontrol 74,44 dengan standar deviasi 9,59. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t yang dilakukan diperoleh hasil thitung 2,22 sedangkan ttabel 2,11 sehingga thitung > ttabel. Selanjutnya uji N-Gain dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,41 yang memiliki selisih sebesar 0,25. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berdampak pada hasil belajar kognitif IPA pada pembelajaran tematik.