Penerapan Model Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 8 Langsa
Abstract
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 8 Langsa, penelitian ini mencoba mengidentifikasi model pembelajaran tebak kata. Model Kemmis McTaggrat digunakan dalam metodologi penelitian tindakan kelas proyek ini. Siswa kelas III SD Negeri 8 Langsa yang berjumlah 8 orang menjadi fokus penelitian ini. RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, observasi siswa, dan lembar soal merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, dan interpretasi data merupakan langkah-langkah analisis data sederhana yang digunakan untuk menganalisis temuan penelitian ini dengan menggunakan statistik deskriptif. Analisis model tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada siklus I menghasilkan persentase nilai belajar rata-rata mencapai 57,14% (sedang). Pada siklus II terjadi peningkatan dengan ketuntasan belajar mencapai 75% (tinggi) dengan rata-rata 79,37. Selain itu, dengan rata-rata 88,12 meningkat 100% (sangat tinggi) pada siklus III.