Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar

  • Yulia hikmah Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi
Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK).Penelitian dilakukan di SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada :a)RPP siklus I dengan rata-rata 77,77%(baik) dan siklus II 94,4%(sangat baik),b)Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,81%(baik) dan siklus II 93,75%(sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik  siklus I dengan rata-rata 79,68%(baik),dan siklus II 93,75%(sangat baik), c)Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar siklus I pada aspek sikap,5 orang melakukan sikap positif dan 2 orang melakukan sikap negatif.Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 79 (cukup),aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75(cukup).Siklus II pada aspek sikap,2 orang melakukan sikap positif dan 1 orang melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 90(sangat baik),aspek keterampilan memperoleh rata-rata 88(baik).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-12-31