Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar

  • Hikmah Yulia Hikmah Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK).Penelitian dilakukan di SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada :a)RPP siklus I dengan rata-rata 77,77%(baik) dan siklus II 94,4%(sangat baik),b)Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,81%(baik) dan siklus II 93,75%(sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik  siklus I dengan rata-rata 79,68%(baik),dan siklus II 93,75%(sangat baik), c)Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar siklus I pada aspek sikap,5 orang melakukan sikap positif dan 2 orang melakukan sikap negatif.Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 79 (cukup),aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75(cukup).Siklus II pada aspek sikap,2 orang melakukan sikap positif dan 1 orang melakukan sikap negatif. Pada aspek pengetahuan memperoleh rata-rata 90(sangat baik),aspek keterampilan memperoleh rata-rata 88(baik).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Diterbitkan
2022-12-31