Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Active Debate Kelas V SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang

  • Latifa Febriani Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
Keywords: model cooperative learning, Model Cooperative Learning Tipe Active Debate, Hasil belajar

Abstract

   Penelitian  ini dilatar belakangi  oleh  kenyataan  di  lapangan  yang  menunjukkan  rendahnya keterlibatan  peserta  didik  dalam  pembelajaran  tematik  terpadu  di  kelas V  SD. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mendiskripsikan  proses  pembelajaran  Tematik  Terpadu  menggunakan  model pembelajaran Active  Debate (Debat  Aktif) Kelas V  SD. Penelitian  ini  merupakan  penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil  penelitian  menunjukkan  peningkatan  pada  siklus  I  ke  siklus  II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan  bahwa  model  pembelajaran Active  Debate (Debat  Aktif) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Published
2022-12-31