Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Active Debate Kelas V SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang

  • Latifa Febriani Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma

Abstrak

   Penelitian  ini dilatar belakangi  oleh  kenyataan  di  lapangan  yang  menunjukkan  rendahnya keterlibatan  peserta  didik  dalam  pembelajaran  tematik  terpadu  di  kelas V  SD. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mendiskripsikan  proses  pembelajaran  Tematik  Terpadu  menggunakan  model pembelajaran Active  Debate (Debat  Aktif) Kelas V  SD. Penelitian  ini  merupakan  penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil  penelitian  menunjukkan  peningkatan  pada  siklus  I  ke  siklus  II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan  bahwa  model  pembelajaran Active  Debate (Debat  Aktif) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Diterbitkan
2022-12-31