Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Active Debate Kelas V SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 74,19% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V.