Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai Di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Nila Oktavia Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil
Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Animaker

Abstract

Pemahaman  suatu  konsep  dalam  matematika  memerlukan analisis  yang  lebih  mendalam dibandingkan  dengan  ilmu-ilmu lainnya,  sehingga siswa  kerap  kali  akan  menemui  kesulitan  atau  masalah. Oleh karena itu, seorang guru dapat menggunakan media pembeljaran untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembeljaran matematika dan dapat meningkatkan semangat peserta didik adalah media video animais. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE  yang memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan media video animasi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini  menggunakan aplikasi Animaker pada topik pecahan senilai di Kelas IV SD. Subjek Penelitian ini adalah SDN 16 Puncak Lawang dan SDN 06 Cubadak Lilin. Media video animasi yang dihasilkan mendapatkan kriteria sangat valid dengan presentase 92,85% yang meliputi aspek materi, bahasa dan media. Kepraktisan  media mendapatkan kategoro sangat praktis dengan presentase 93,75% hasil respon guru dan 92,85% hasil respon peserta didik. Media video animasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2022-12-31