Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai Di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Pemahaman suatu konsep dalam matematika memerlukan analisis yang lebih mendalam dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya, sehingga siswa kerap kali akan menemui kesulitan atau masalah. Oleh karena itu, seorang guru dapat menggunakan media pembeljaran untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembeljaran matematika dan dapat meningkatkan semangat peserta didik adalah media video animais. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE yang memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan media video animasi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan aplikasi Animaker pada topik pecahan senilai di Kelas IV SD. Subjek Penelitian ini adalah SDN 16 Puncak Lawang dan SDN 06 Cubadak Lilin. Media video animasi yang dihasilkan mendapatkan kriteria sangat valid dengan presentase 92,85% yang meliputi aspek materi, bahasa dan media. Kepraktisan media mendapatkan kategoro sangat praktis dengan presentase 93,75% hasil respon guru dan 92,85% hasil respon peserta didik. Media video animasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.