Menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Bagi Peserta Didik Kelas VII.1 UPT SMP N 1 Bonjol

  • Muslida Muslida UPT SMP N 1 Bonjol
Keywords: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Pendekatan Keterampilan Proses

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjeknya adalah guru dan peserta didik  kelas VII.1 SMP N 1 Bonjol. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I mencapai rata-rata 68,46 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai rata-rata 82,69. Dengan rincian: 3 orang memperoleh nilai 100, 5 orang memperoleh nilai 90, 4 orang memperoleh nilai 85, 5 orang memperoleh nilai 80, 6 orang memperoleh nilai 75, dan 3 orang memperoleh nilai 70.

Published
2022-06-30