Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VIII.1 UPT SMP N 1 Bonjol
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan penerapan teori konstruktivisme dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Bonjol. Deskripsi penerapan teori konstruktivisme meliputi hasil kegiatan yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran yang mengacu pada pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 Bonjol. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.1. Hasil pembahasan, bahwa: 1) Aktivitas belajar dan hasil belajar bahasa indonesia Peserta Didik kelas VIII.1 SMP N 1 Bonjol yang menerapkan pendekatan konstruktivisme cenderung meningkat. 2) Meningkatnya hasil belajar Peserta Didik tersebut dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I yakni 70,96 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 85.