Upaya Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode VCT Reportase di Kelas VIII.1 UPT SMP N 3 Bonjol

  • Hasniyati Hasniyati UPT SMP N 3 Bonjol
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Metode VCT Reportase

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII.1 SMP N 3 Bonjol sebelum menggunakan metode VCT Reportase. Berdasarkan pengamatan peneliti di SMP N 3 Bonjol bahwa masih ditemukan pesrta didik yang belum aktif dalam belajar dan masih tergantung pada guru, dan model yang digunakan masih mengunakan model pembelajaran biasa, dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan masih guru yang lebih aktif ketimbang peserta didik.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalah guru dan peserta didik kelas VIII.1 yang berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dengan menggunakan metode VCT Reportase pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 68,60, dengan rincian sebagai berikut : 2 orang yang memperoleh nilai 85, 4 orang yang memperoleh nilai 80, 5 orang yang memperoleh nilai 75, 2 orang yang memperoleh nilai 70, 5 orang yang memperoleh nilai 65, 3 orang yang memperoleh nilai 60, 2 orang yang memperoleh nilai 55, 1 orang yang memperoleh nilai 50, dan 1 orang yang memperoleh nilai 45, dan pada siklus II rata-rata 86, dengan rincian sebagai berikut : 2 orang yang memperoleh nilai 100, 4 orang yang memperoleh nilai 95, 5 orang yang memperoleh nilai 90, 6 orang yang memperoleh nilai 85, 2 orang yang memperoleh nilai 80, dan 6 orang yang memperoleh nilai 75.

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode VCT Reportase dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kelas VIII.1 SMP N 3 Bonjol.

Published
2022-06-30