Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Kelas V SDN 02 Sikapak Barat Kota Pariaman

  • Mella Sari universitas negeri padang
  • Melva Zainil
Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini
dikarenakan guru belum menghubungkan pembelajaran dengan hal
yang nyata atau dalam kehidupan sehari – hari, guru kurang
memberikan rangsangan, sehingga rasa ingin tau dan berfikir kritis
peserta didik masih rendah dalam pembelajaran, dan guru kurang
membimbing peserta didik menyimpulkan sendiri pembelajaran atau
informasi yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik
menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran
tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan
meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang
berjumlah 27 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 15 orang
perempuan.Hasil persentase pengamatan RPP pada siklus I 86,2%
dengan kualifikasi baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II
dengan persentase 92,5% kualifikasi sangat baik (SB) Hasil
persentase pengamatan pada aspek guru siklus I 84% kualifikasi
baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase
93,7% kualifikasi sangat baik (SB). Hasil persentase pengamatan
pada aspek peserta didik siklus I 78 % kualifikasi baik (B)
mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 91%
kategori sangat baik (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I
rata-rata nya 82 mengalami peningkatan pada siklus II dengan
nilai rata-rata 89,9. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Published
2022-12-08