Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Di Kelas III A SD Negeri 02 Percontohan Kota Bukittinggi

  • Meilani Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Tin Indrawati
Keywords: Hasil belajar, Tematik Terpadu, Model Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas III A SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari  pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III A SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi dengan jumlah peserta didik 27 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 14 laki-laki. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Penilaian RPP siklus I dengan presentase rata-rata 95,83% kualifikasi sangat baik dan pada siklus II terjadi peningkatan memperoleh nilai yaitu 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. B) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata-rata 92,18% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 100% dengan kualifikasi sangat baik. c) Hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan taraf keberhasilan rata-rata 92,18% kualifikasi sangat baik dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan 100% kualifikasi sangat baik. d) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I dengan rata-rata 70,76% dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,80% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-09-05