Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar

  • Rano Sumara Universitas Negeri Padang
  • Farida S

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik  pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pemamfaatan model dan pembelajaran inovatif oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi Peserta didik cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan Siswa kelas IV SD Negeri 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam. Prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah tes dan non tes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 81,94% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,71% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas siswasiklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d) hasil belajar Peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 76,43 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,18 dengan predikat (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Published
2022-09-05