Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 3 dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 035 Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal

  • Donna Adelina Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Tema 8 Subtema 3

Abstract

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 035 Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model Discovery Learning pada pembelajaran tema 8 subtema 3 di kelas IV SDN Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal.

          Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV SDN Pintu Padang Jae yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrument penelitian adalah observasi, tes dan nontes.

         Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 86,10% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 97,22% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 82.81% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 93,75% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 81,25% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 90,62% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh  rata-rata hasil belajar 78,50 dengan  predikat  C kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,82 dengan predikat B. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa  model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 3 di kelas IV SDN Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal.

Published
2022-10-01