Pengembangan Bahan Ajar Media Ict Berbasis Android Pada Materi Segi Banyak Beraturan Dan Segi Banyak Tidak Beraturan Dengan Model Discovery Learning Pada Kelas IV SD

  • Syekal Yusuf Universitas Negeri Padang
Keywords: model Discovery Learning, Bahan Ajar, Media Ict Berbasis Android

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang berdampak pada bahan ajar dapat berupa perangkat lunak (software) berbasis Information Communication and Technology (ICT) yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara di beberapa SD, bahwa belum ditemui pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman, khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan menggunakan media ICT berbasis Android dengan model Discovery Learning untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN 04 Airpura, Kab. Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini diperoleh : (1) hasil uji validasi bahan ajar segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan menggunakan media ICT berbasis Android dengan model Discovery Learning oleh tiga validator, yaitu aspek materi, bahasa, dan media dengan rata-rata sebesar 85,71% dengan kategori sangat valid. (2) hasil uji praktikalitas media ICT berbasis Android oleh guru dan peserta didik masing- masing sebesar 93,18% dan 95,3% dengan kategori sangat praktis. (3) hasil efetivitas yang dilakukan dengan pre test dan post test yang menunjukkan peningkatan dari 58,88% ke 76,11%, sehingga bahan ajar media ICT sudah berhasil digunakan pada kelas IV SDN.

Published
2022-09-20