Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti

  • Itfinah Sintia Universitas Negeri padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment Design Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti. Teknik pengambilan sampel adalah Probability Sampling Type Cluster Sampling. Data dianalisis secara deskriptif yang diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas baru dilanjut dengan uji hipotesis menggunakan uji-t lalu diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen 79,69 dan rata-rata kelas kontrol 73,43. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh  >  yaitu 2,3893 > 2,028094. Hasil uji regresi linear sederhana yaitu  >  (46,165 > 4,45) sehingga  diterima dan  ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV sekolah dasar.

Published
2022-12-21