Pengembangan Media Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD

  • Sutris Budiono Universitas Negeri Padang
  • Abna Hidayati
Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CS6, Pembelajaran Tematik, SD Kelas IV

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ada di SD 02 Padang Japang. Dimana proses pembelajaran Tematik kurang bervariasi. Guru masih menggunakan media konvensional, seperti gambar yang di tempel di papan tulis. Sekolah sudah memiliki fasilitas proyektor, namun guru tidak menggunakan fasilitas yang ada untuk menunjang proses pembelajaran. Sehingga pemahama siswa terhadap pembelajaran kurang dan pembelajaran menjadi membosankan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagajan yaitu 1) define (pendefinisian) 2) design (perancangan) 3) development (pengembangan) dan 4) disseminate (penyebaran). Insrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket dan dokumentasi. Proses validasi media pembelajaran ini dilakukan oleh 3 orang pakar, yaitu 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Kemudian dilakukan penelitian untuk uji praktikalitas.

Hasil uji validitas media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase sebesar 93%, hasil validitasi media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan Persentase sebesar 89,4% sehingga produk multimedia pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi adobe flash professional CS6 dapat diujicobakan. Selanjutnya hasil uji praktikalitas produk berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan persentase sebesar 89%, sehingga produk media pembelajaran interaktif layak digunakan oleh siswa SD kelas IV sebagai media belajar.

Published
2022-12-09