Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto

  • Ayunda Bestarina Eljas Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil
Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan belum adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif yang menuntut siswa untuk menghasilkan suatu produk yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model PjBL. Karena model ini menuntut siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil thitung = 7,62 dan ttable = 1,999, sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk Uji N-Gain data yang diperoleh 14 siswa kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi dan 18 siswa berada pada kriteria sedang. Sedangkan di kelas kontrol, terdapat 17 siswa yang berada pada kriteria sedang dan 14 siswa berada pada kriteria rendah.

Published
2022-12-01