Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar

  • amalyanurfirmansyah Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi
Keywords: Media pembelajaran, Sparkol videocribe, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media yang dikembangkan serta menghasilkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Model pengembangan ini memiliki lima tahap yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Mengingat adanya keterbatasan waktu dan biaya, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi (implementation). Berdasarkan tahap – tahap pada model pengembangan ini diperoleh hasil validitas materi sebesar 90,58% hasil uji validitas media sebesar 91,76% dan hasil uji validitas bahasa sebesar 95%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil sebesar 92,85% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 95%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2022-12-05