Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Open Ended Di Kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang

  • Laila Fitri Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Open Ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Open Ended kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang dengan jumlah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I pertemuan I 75%(C), siklus 1 pertemuan II  86% (B) dengan rata –rata 81% (B) dan siklus II 94% (SB).Pelaksanaan pembelajaran  pada aspek guru siklus I pertemuan 1 78% , siklus 1 pertemuan II 88% dengan  rata-rata yaitu 83% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi  94% (Sangat Baik). Aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 75% , siklus 1 pertemuan II 84% dengan  rata-rata yaitu 80% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 97% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Open Ended dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Published
2022-12-31