Penerapan PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 LANGSA

  • Nana Mardiana Nana PGSD,Universitas Samudra

Abstract

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 14 Langsa tahun ajaran 2022/2023.Metode penelitian yang digunakan dalam peelitian ini ialah penelitian tindakan kelas(ptk).Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan/observasi dan tes.Teknik analicis data yang di gunakn adalah teknik analicis data secara deskriptif kuantitatif melalaui rumus presentase. Hasil penelitian menjelaskan : (1) perencanaan pembelajaran meggunakan metode koperatif tipe think pair share dilakukan melalui menyusun RPP, mengoreksi RPP; (2) proces belajar mengajar menggunakan metode koperatif tipe think pair share dilakukan melalui 3siklus di masing-masing siklus terdapat atas tahap perencanaan, tahappelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi; (3) hasilbelajar peserta didik melalui penerapan metode koperatif tipe think pair share disiklus I sebesar 46%, siklusII 69% dan disiklus III mengalami peningkatan menjadi 84,61%.

 

 

 

Kata Kunci:
Hasil Belajar,
Metode Kooperatif
Think Pair Share

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 14 Langsa tahun ajaran 2022/2023.Metode penelitian yang digunakan dalam peelitian ini ialah penelitian tindakan kelas(ptk).Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan/observasi dan tes.Teknik analicis data yang di gunakn adalah teknik analicis data secara deskriptif kuantitatif melalaui rumus presentase. Hasil penelitian menjelaskan : (1) perencanaan pembelajaran meggunakan metode koperatif tipe think pair share dilakukan melalui menyusun RPP, mengoreksi RPP; (2) proces belajar mengajar menggunakan metode koperatif tipe think pair share dilakukan melalui 3siklus di masing-masing siklus terdapat atas tahap perencanaan, tahappelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi; (3) hasilbelajar peserta didik melalui penerapan metode koperatif tipe think pair share disiklus I sebesar 46%, siklusII 69% dan disiklus III mengalami peningkatan menjadi 84,61%.

 

 

 

 

Published
2022-12-31