Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 005 Sirukam Kabupaten Solok

  • Elmasi Tri Oktaviani Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
Keywords: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik masih rendah. Karena pada pembelajaran tematik terpadu guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimamana rencana, pelaksanaan, dan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Quantum Teaching.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 05 Sirukam Kabupaten Solok dengan sebanyak dua siklus, dimana ada tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 16 orang terdiridari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada perencanaan RPP siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 80,5 % dengan kualifikasi baik (B), meningkat siklus II dengan nilai rata-rata 92% dengan kualifikasi sangat baik (SB), pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 83%  dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 100% dengan kualifikasi sangat baik (SB), sedangkan pada hasil belajar siswa pada sikus 1 diperoleh nilai rata-rata 78% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sirukam Kabupaten Solok.

Published
2022-12-31