Pengembangan Adobe Animate CC dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Saintifik di Kelas II Sekolah Dasar

  • Husni Wulandari Ulan Universitas Negeri Padang
  • Risda Amini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Adobe Animate CC yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada penelitian sebelumnya hanya terkhusus pada satu muatan pembelajaran saja. Masih minim yang mengembangkan sebagai media pembelajaran tematik terpadu. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran tematik terpadu dengan berbasis saintifik di kelas II Sekolah Dasar sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Oleh karena itu, media pembelajaran Adobe Animate CC berbasis saintifik diuji coba di lapangan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan angket respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 10 orang peserta didik kelas II SDI Sjech Djamil Djambek. Hasil uji validitas media Adobe Animate CC secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 91,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas media Adobe Animate CC oleh guru diperoleh nilai 95,38% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran tematik terpadu berbasis saintifik di kelas II Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar.

Diterbitkan
2022-08-19