Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat

  • Adela Febriyan Universitas Negeri Padang
  • Hamimah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II  terdiri dari 1x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penilaian RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 81,94%(C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,44%(SB), aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 83,75%(C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,75% (C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), dan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,16 (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,09 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat.

Diterbitkan
2022-08-19