Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Learning Cycle (LC) Di Kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman

  • Zulfira Indriani Universitas Negeri Padang
  • Rahmatina

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini disebabkan guru belum optimal menggunakan model pembelajaran bervariasi, masih banyaknya peserta didik yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapat, serta belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif yang dapat menarik perhatian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Learning Cycle (LC) di kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata – rata 82% (baik), dan siklus II 94% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata – rata 84% (baik) dan siklus II 97% (sangat baik), dan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata – rata 84% (baik) dan siklus II 97% (sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata – rata 74% (cukup dan siklus II 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Diterbitkan
2022-10-23