Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Di Kelas V SDN 100619 Janjimanaon Kab. Tapsel

  • Ayu Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Rahmatina

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik ini disebabkan guru kurang optimal menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di kelas V SDN 100619 Janjimanaon Kab. Tapsel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V SDN Janjimanaon yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrument penelitian adalah tes dan nontes. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 77,77% (C) meningkatkan pada siklus II menjadi 94,44% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 76,78% (C) meningkatkan pada siklus II menjadi 92,85% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 92,85% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 72,54 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,28 dengan predikat (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Diterbitkan
2022-10-01