Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi KineMaster Berbasis RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD

  • Sinta Sulastri Sinta Universitas Negeri Padang
  • Risda Amini

Abstrak

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta (LKPD) yang valid dan praktis menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas III SD dengan menggunakan model pengembangan 4D. Langkah 4D adalah untuk mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). LKPD menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC untuk pembelajaran tematik terpadu yang disesuaikan secara tepat melalui uji validitas dan kepraktisan. Hasil uji validitas aplikasi KineMaster LKPD berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu kelas III SD yang divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 92,4% menggunakan validator. Sedangkan hasil uji praktikalitas LKPD menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC di sekolah uji coba adalah 87,5% untuk tanggapan guru dan 88,59% untuk tanggapan peserta didik. Hasil uji kepraktisan di sekolah penelitian adalah 91,6% untuk tanggapan guru dan 93% untuk tanggapan peserta didik. Dengan demikian, penggunaan LKPD dengan menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD ini valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan
2022-12-23