Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Lembah Melintang

  • Annisa Rihfa Universitas Negeri Padang
  • Hamimah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SD Negeri 04 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV SD Negeri 04 lembah Melintang sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada penelitian siklus I dalam RPP memperoleh nilai rata-rata 81,94 % dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,51 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 90,33 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 04 Lembah Melintang.

Diterbitkan
2022-09-05