Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di TPQ Nurul Sa’adah Saskand Jorong Saskand Malalak Timur Kab. Agam

  • Yuli Azmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles

Abstrak

Penelitian ini didasarkan dari kenyataan di TPQ Nurul Sa’adah Saskand pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an masih ada siswa yang belum memcapai target hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPQ Nurul Sa’adah Saskand dan kendala dalam penggunaan metode, sehingga siswa dapat mencapai target yang telah ditentukan.Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Yang menjadi informen kunci adalah guru Tahfidz dan yang menjadi informen pendukungnya siswa TPQ. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, maka peneliti melakukan pengolahan dan analisis data. Selanjutnya melakukan teknik keabsahan data dengan cara trigulasi data yaitu membandingkan hasil observasi dengan wawancara. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan bahwa metode pembelajaran tahfidz yang digunakan di TPQ Nurul Sa’adah Saskand adalah metode Tahsin, Sima’i, dan Takrir. Dalam menerapkan metode pembelajaran tahfizd Al-Qur’an ini terlebih dahulu menggunakan metode Tahsin atau mengenalkan terlebih dahulu dan memperbaiki bacaan sampai benar sesuai dengan tajwid yang dibimbing oleh ustad. Metode Sima’i adalah mendengarkan suatu bacaan untuk dihafalkannya. Selanjutnya yaitu metode Takrir adalah mengulang hafalan atau men-simakkan hafalan yang penah dihafal kepada guru.

Diterbitkan
2022-09-20