Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar

  • Witri Alfionita Witri Alfionita Universitas Negeri Padang
  • Arwin

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan di kelas V SDN 10 Bandar Buat. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon memperoleh hasil uji validitas materi mendapat presentase sebesar 90,7%, hasil uji validitas bahasa presentase sebesar 93,7%, dan hasil uji validitas media presentase sebesar 88,3%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 95,8% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 95%.
Diterbitkan
2022-12-24