Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 11 Koto Baru Dharmasraya

  • Fitria Rusli Janes Universitas Negeri Padang
  • Rifda Eliyasni

Abstrak

        Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 11 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 11 Koto Baru yang berjumlah 28 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa a) Hasil pengamatan RPP pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 79,17%, meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. b) Pada aspek guru siklus I diperoleh 82,14%, pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. c) Pada aspek peserta didik siklus I diperoleh 82,14%, pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,87 meningkat menjadi 90,26 pada siklus II.

Diterbitkan
2022-12-13