Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Course Review Horay

  • Febrina Aulia Putri Putri Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan minimnya guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran, pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered, peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang percaya diri saat menyampaikan pendapat, peserta didik juga kurang percaya diri untuk saling berbagi informasi dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 06 Teluk Bayur Kota Padang dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Hasil peneitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata nilai RPP siklus I yaitu 77,04 % (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 95,45 % (SB). Rata-rata nilai pelaksanaan aktivitas guru siklus I yaitu 83,08 % (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 95,83% (SB). Rata-rata aktivitas peserta didik siklus I 83,08 (B) meningkat pada siklus II 95,83% (SB). Rata-rata hasil belajar siklus I 67,62 % dan meningkat pada siklus II 84,73 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Course Review Horay dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Diterbitkan
2022-12-13