Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Wondershare Filmora di Kelas IV SD

  • Afifah Putri Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran video animasi yang menarik dan menyenangkan bagi siswa khususnya pada media berbasis teknologi dan selama proses pembelajaran siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran menggunakan video animasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi masih sedikit karena guru hanya berpedoman pada buku tema, buku MRT, dan buku pendukung lainnya sebagai sumber sekaligus media pembelajaran, sesekali guru menayangkan video dari youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi menggunakan Wondershare Filmora dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan total validasi sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji kepraktisan media pembelajaran berupa video animasi dengan menggunakan Wondershare Filmora pada pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat praktis. Dimana angket respon guru memperoleh skor 90,6% pada kategori sangat praktis dan 45 angket respon siswa di tiga sekolah memperoleh skor 86% pada kategori sangat praktis. Kemudian hasil keefektifan media pembelajaran berupa video animasi dengan menggunakan Wondershare Filmora dalam pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat efektif. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi siswa di tiga sekolah memperoleh skor 80,7% dengan kategori sangat efektif.

Diterbitkan
2022-12-09