Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SD Negeri 5 Padang Panjang Timur

  • Sucyfadhillah sucyfadhillah Universitas Negeri Padang
  • Rifda Eliyasni

Abstrak

   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum maksimal mendorong keaktifan peserta didik, pembelajaran masih berpusat kepada guru (teacher centered) dan peserta didik belum memiliki kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di kelas V SD Negeri 5 Padang Panjang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari I kali pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 21 orang peserta didik kelas V SD negeri 5 Padang Panjang Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Analisis data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I diperoleh rata-rata 87,5% (baik) dan meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 90% (sangat baik), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata  80% (baik) dan meningkat pada siklus II rata-ratanya menjadi 92% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 80% (baik), dan meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 92% (sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 72,82 (cukup) dan meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 88,05 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Diterbitkan
2022-12-08