Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas II SD Negeri Gelung Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Sri Rahayu Rahayu Universitas Samudra
  • Tengku Muhammad Sahudra
  • Ronald Fransyaigu

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian yang memakai model pembelajaran CRH berbantuan media Ular Tangga agar dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada kelas II SD Negeri Gelung. Penelitian ini bertujuan agar tahu bagaimana perencanaan, penggunaa, dan bertujuan agar tahu caranya meningkatkan keterampilan social dengan menggunakan model CRH berbantuan ular tangga untuk pembelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri Gelung. Dan jenis penelitian ini adalah PTK. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan yaitu bagaimana perencanaan, penggunaan, dan meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan model pembelajaran CRH berbantu media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas II SD Negeri Gelung. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas II SD Negeri Gelung dan subjek dari pemberi tindakan ini adalah peneliti, guru kelas II dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data digunakan memakai tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwasaanya peneliti ini menunjukan adanya peningkatan dalam keterampilan sosial siswa kelas II SD Negeri Gelung. Hal ini dilihat dengan bentuknya nilai ketuntasan dari keterampilan sosial siswa pada siklus I sebanyak 4%, kondisi permulaan 53% bertambah menjadi 57%. Penaikan pada  keterampilan sosial pada siklus II sebanyak 8%, keadaan permulaan 53% bertambah hingga 65% kemudian pada siklus III bertambah 11%, keadaan permulaan 53% bertambah hingga 76%. Maka penelitian PTK ini bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan memakai model CRH Berbantu media ular tangga bisa meningkatkan keterampilan social siswa Kelas II SD Negeri Gelung.

Diterbitkan
2022-12-31