Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Tadris Biologi dalam Kegiatan Praktikum
Analysis of Tadris Biology Students Science Process Skills in Practical Activities
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis persentase ketercapaian proses sains mahasiswa Tadris Biologi dalam pembelajaran berbasis praktikum mata kuliah biologi umum. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan pre-ekperimental desain dengan subjek 22 mahasiswa Tadris Biologi kelas Ib Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, dengan instrumen pengumpulan data berupa angket dan pedoman observasi keterampilan proses sains. Penelitian menggunakan sepuluh indikator keterampilan proses sains: observasi, klasifikasi, interpretasi, prediksi, menanyakan percobaan, membuat hipotesis, merencanakan hipotesis, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep dan komunikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase keterampilan proses sains mahasiswa pada hasil angket diperoleh 68.50% yang terdiri dari observasi sebesar 81.25% sangat tinggi, klasifikasi 83.60% sangat tinggi, interpretasi 82.87% sangat tinggi, prediksi 71.62% tinggi, mengajukan pertanyaan 71.45% tinggi, berhipotesis 73.75% tinggi, merencanakan percobaan 77.35% tinggi, menggunakan alat dan bahan 80.40% tinggi, menerapkan konsep 81.37% sangat tinggi, dan mengkomunikasikan 81.37% tinggi. Persentase keterampilan proses sains mahasiswa pada hasil observasi langsung diperoleh 77.96%, keduanya berkategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa Tadris Biologi pada pembelajaran berbasis praktikum dikategorikan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam penerapan pembelajaran berbasis praktikum.