Analisis Permasalahan Media Pembelajaran Biologi pada Materi Pewarisan Sifat: Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango
Analysis of Biology Learning Media Problems on Inheritance Subject: A Case Study at SMA Negeri 1 Tapa, Bone Bolango Regency
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran biologi yang digunakan oleh guru, menganalisis permasalahan penerapannya, dan mengkaji respon siswa SMA Negeri 1 Tapa terhadap materi pewarisan sifat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa studi kasus, dilakukan pada Mei-Juni 2022 dengan subjek guru biologi dan siswa SMA Negeri 1 Tapa. Data dikumpulkan melalui wawancara guru, kuesioner siswa, dan observasi pembelajaran. Analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, dan penyajian data yang diinterpretasikan secara micro dan macro analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi menggunakan media konvensional seperti papan genetika. Terdapat kelemahan pada empat aspek: kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, ketepatan penggunaan, kepraktisan waktu, dan kebutuhan teknis. Namun, guru memiliki kekuatan dalam keterampilan menggunakan media dan pengelompokan sasaran. Respon siswa menunjukkan bahwa 63.5% kesulitan memahami materi pewarisan sifat, 90% membutuhkan media pembelajaran lain, dan 100% berharap pengembangan media konvensional terintegrasi teknologi. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media dan pengembangan media pembelajaran konvensional terintegrasi teknologi diperlukan untuk menunjang pembelajaran pewarisan sifat.