Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intellengences pada Pembelajaran IPA

Improvement of Visual-Spatial Intelligence by Using Multiple Intellances-Based Student Worksheets in Science Learning

Keywords: Lembar Kerja Siswa, multiple intellegences, visual-spasial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis multiple intellengences dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sawang. Metode penelitian ini berupa kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara pusposive serta pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan visual-spasial setelah menggunakan LKS berbasis multiple intellengences. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk memperoleh nilai N-gain kecerdasan visual-spasial antara kedua kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan perolehan t-hitung>t-tabel (5.82>2.010) yang artinya terjadi perbedaan kecerdasan visual-spasial yang signifikan antara kedua kelas. N-gain rata-rata kecerdasan visual-spasial kedua kelas termasuk dalam kategori sedang, eksperimen sebesar 0.637 (63.7%) dan kelas kontrol sebesar 0.487 (48.7%). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS  berbasis multiple intellegences dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa.

Author Biographies

Meriza Faradilla, Universitas Bina Bangsa Getsempena

Program Studi Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Bina Bangsa Getsempena
Jl. Tanggul Krueng Lamnyong No. 34, Rukoh, Banda Aceh, Aceh, 23112, Indonesia

Khairul Rizal, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
Jl. Medan-Banda Aceh, Blang Blahdeh, Bireuen, Aceh, 24251, Indonesia

Published
2024-07-31