Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intellengences pada Pembelajaran IPA
Improvement of Visual-Spatial Intelligence by Using Multiple Intellances-Based Student Worksheets in Science Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis multiple intellengences dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sawang. Metode penelitian ini berupa kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara pusposive serta pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan visual-spasial setelah menggunakan LKS berbasis multiple intellengences. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk memperoleh nilai N-gain kecerdasan visual-spasial antara kedua kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan perolehan t-hitung>t-tabel (5.82>2.010) yang artinya terjadi perbedaan kecerdasan visual-spasial yang signifikan antara kedua kelas. N-gain rata-rata kecerdasan visual-spasial kedua kelas termasuk dalam kategori sedang, eksperimen sebesar 0.637 (63.7%) dan kelas kontrol sebesar 0.487 (48.7%). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis multiple intellegences dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa.