PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (TQ) DIPADU DENGAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 DARUL IMARAH
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two pada materi Sistem gerak pada manusia terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini deskriptis yang bersifat kuantitatif dengan desain pretes-postest kontrol grup design yang dilaksanakan di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal (pretest) dan tes akhir (post-test). Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji thitung (5,26) ≥ ttabel (1,67), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two. Kesimpulan penelitian bahwa siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two dengan rata-rata persentase 77,4%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran biologi.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two pada materi Sistem gerak pada manusia terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini deskriptis yang bersifat kuantitatif dengan desain pretes-postest kontrol grup design yang dilaksanakan di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal (pretest) dan tes akhir (post-test). Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji thitung (5,26) ≥ ttabel (1,67), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two. Kesimpulan penelitian bahwa siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two dengan rata-rata persentase 77,4%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Quiz (TQ) dipadu dengan The Power of Two merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran biologi.