Analisis Penggunaan Perangkat Pembelajaran Guru Biologi di SMA Negeri 1 Kota Langsa Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi di SMA Negeri 1 Kota Langsa sesuai ketentuan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran biologi yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dengan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman dengan prosedur penelitian yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi data (data verification). Hasil penelitian diperoleh komponen perangkat pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Langsa berupa silabus, RPP, LKPD, buku ajar, materi ajar dan tes hasil belajar dimiliki seluruh guru dengan kategori sangat lengkap. Penggunaan perangkat pembelajaran guru biologi di SMA Negeri 1 Langsa pada masa pandemi Covid-19 dijabarkan dengan pengggunaan RPP sebanyak 87,75% dengan kategori penilaian sangat baik, LKPD sebanyak 82,85% dengan kategori penilaian sangat baik, media pembelajaran sebanyak 71,42% dengan kategori penilaian baik, buku atau materi ajar sebanyak 78,56% dengan kategori penilaian baik dan tes hasil belajar sebanyak 80,95% dengan kategori penilaian sangat baik. Saran dalam penelitian ini adalah sekolah dapat terus memfasilitasi guru dalam penyusunan dan implementasi perangkat pembelajaran yang telah dibuat.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, RPP, Pandemi Covid-19