IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI METABOLISME LIPID

  • Nazar Muhammad Universitas Syiah Kuala
  • Yaumil Istiqlal M Nur Universitas Syiah Kuala
  • Fajar Okta Widarta Universitas Teuku Umar
Keywords: Flipped Classroom, Metabolisme Lipid, Quasi Experiment

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan respon   mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Flipped Classroom  dengan mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran secara konvensioal  pada materi metabolisme lipid di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan jenis  penelitian quasi experimental desain model Post Test Only Control Group Design. Populasi mencakup seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala yang memprogram mata kuliah biokimia pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sebagai kelas sampel adalah mahasiswa unit 01 sebagai kelas kontrol dan mahasiswa unit 02 sebagai kelas eksperimen. Data pemahaman konsep diperoleh dari hasil tes sumatif berbentuk soal  multiple choice sedangkan data  peningkatan motivasi belajar diperoleh dari kuisioner untuk mengidentifikasi motivasi belajar  mahasiswa. Data pemahaman konsep  dianalisis melalui  uji normalitas, uji homogenitas, dan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat  pemahaman konsep mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil  uji-t diperoleh nilai  signifikansi 0.000 sehingga  H1 diterima. Motivasi belajar siswa yang menggunakan Flipped Classroom juga terlihat lebih besar berdasarkan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen.

 

Published
2022-06-22
Section
Articles