IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI DAN HUBUNGANNYA TERHADAP MINAT BACA SISWA SMAN DI KOTA BANDA ACEH

  • Safrida Universitas syiah kuala
Keywords: Miskonsepsi, Buku Teks Biologi, Minat Baca

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang disebabkan oleh kesalahan ejaan pada buku teks biologi kelas XI dan untuk mengetahui hubungannya dengan minat baca siswa SMAN kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah buku tesk Biologi kelas XI yang paling dominan digunakan siswa dan siswa kelas XI SMAN di Kota Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat miskonsepsi yang disebabkan oleh kesalahan ejaan pada buku teks Biologi yang digunakan siswa SMAN di Kota Banda Aceh. Miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan yaitu sebesar 23%. Sementara itu, miskonsepsi yang paling rendah terdapat pada materi sistem reproduksi dan sistem koordinasi yaitu sebesar 3%. Hasil uji korelasi antara kesalahan ejaan dengan minat baca menghasilkan nilai rhitung = -0,408. Angka tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel mempunyai korelasi yang sedang, karena nilai rhitung = -0,408 > 0,400. Sedangkan nilai probabilitas antara kesalahan ejaan dengan minat baca diperoleh sebesar 0,213> 0,05. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesalahan ejaan pada buku teks dengan minat baca siswa SMAN di Kota Banda Aceh, namun tidak signifikan.

Published
2022-06-21
Section
Articles