ANALISIS MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 INDRA MAKMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui student facilitator and explaining pada materi sistem pencernaan manusia dikelas XI IPA SMA Negeri 1 Indra Makmur tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA yang berjumlah 3 kelas dengan total 91 siswa dan sampel penelitian siswa kelas XI IPA-3 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Indra Makmur. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi (untuk melihat aktivitas siswa) dan kuesioner (untuk melihat motivasi siswa). Hasil penelitian diketahui bahwa hasil motivasi belajar siswa melalui penerapan model student facilitator and explaining pada materi sistem pencernaan manusia di SMA Negeri 1 Indra Makmur tergolong kategori tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 76,76. Demikian juga dengan aktivitas belajar siswa, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 72,5 yang berarti berkategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining pada materi sistem pencernaan manusia di SMA Negeri 1 Indra Makmur dapat membuat siswa lebih termotivasi, hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa yang aktif dalam keikutsertaan berdiskusi, berani menyatakan pendapat, terampil dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.