Pengaruh Model Pembelajaran Generatif pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Indra Berbasis Qur’ani terhadap Hasil Belajar Siswa

The Effect of Generative Learning Models on Learning Biology Material of the Qur'anic Based Sensory System on Student Learning Outcomes

  • Pajar Ainun Ujung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rasyidah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Irwan Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Model pembelajaran generatif, quasy experiment, inovasi pembelajaran, sistem indera

Abstract

Model pembelajaran generatif memfokuskan pada peran aktif peserta didik dalam memecahkan masalah dengan membangun pengetahuan lama dengan pengetahuan baru. Dalam mempelajari sistem indera berbasis Al-Qur'an dapat dilakukan dengan memadukan teori dengan nilai-nilai dalam Al-Qur'an untuk menciptakan sensibilitas Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment yang dilakukan di MAN Dairi pada Januari 2022 dengan populasi 92 siswa yang terdiri dari dua kelas dengan sampel purposive sampling dimana menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil belajar biologi materi sistem indra berbasis Qur`ani siswa kelas eksperimen (XI IPA-1) dengan menggunakan model generatif diperoleh nilai rata-rata 82,33 sedangkan kelas kontrol  (XI IPA-3) dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 75,63. Berdasarkan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajran generatif pada proses pembelajaran dan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbasis Qur’ani dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Author Biographies

Pajar Ainun Ujung, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Tadris Biologi, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. William Iskandar Ps.V, Medan Estate, Sumatera Utara, 20371, Indonesia

Rasyidah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Tadris Biologi, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. William Iskandar Ps.V, Medan Estate, Sumatera Utara, 20371, Indonesia

Irwan Syahputra, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Tadris Biologi, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. William Iskandar Ps.V, Medan Estate, Sumatera Utara, 20371, Indonesia

Published
2023-02-22